Langsung ke konten utama

Kamu sudah punya Dana Darurat ?

Kehidupan yang terus berputar membuat kita mau tak mau harus bisa menjalani apa yang sudah digariskan oleh Sang Maha Kuasa. Nah, terkadang masalah yang datang dalam kehidupan menyangkut sama yang namanya uang. Nah, kali ini Duitpidato mau bagiin tips menarik, pidato dimulai !

Pentingnya Dana Darurat

Dana Darurat memang rasanya menjadi keharusan untuk dimiliki setiap orang, karena itu tadi. Kehidupan ibarat Roda, kita harus siap dalam segala kondisi. Dana Darurat ada untuk menjadi pelampung saat kita terseret arus keuangan yang terus mendera dan datangnya yang tanpa kompromi (Waduh bahasanya jadi kalang kabut) . Ya, kalau misalnya datangnya ngasih tahu danannya yang dibutuhkan jadi nggak darurat dong, itu jadi Dana Terencana.

Umumnya ?

Ya, dalam bentuk uang tunai ataupun aset yang bisa banget dijual cepat. Cepat sekali melaju dalam lintas lapangan, tinggal kedip jadi duit (Abaikan yang terakhir). Ya, kebutuhan mendesak memang nggak peduli entah kita dalam keadaan punya uang segudang atau tinggal tersisa di saku Celana (Tapi lihat dulu ya, ukuran saku celananya). Bukan, bukan maksudnya kita harus menyiapkan dana darurat sehingga bisa jadi pilihan saat butuh.

Ilustrasi belaka, dana darurat nggak harus dollar
Ilustrasi Dana Darurat | Sumber : Google.co.id dengan pengeditan seperlunya

Gunanya ?

Banyak banget pokoknya, misalnya sebut aja jatuh sakit (Udah jatuh, sakit lagi kasihan dong!) Nah, kamu bisa pakai Dana Darurat untuk menutupi Biaya Rumah Sakit (Saya dibawa ke Puskesmas Kok ?) Oke, Untuk biaya berobat disegala Rumah Sakit maupun Puskesmas dan Segala Instansi Kesehatan. Tapi, Apa cuma itu ?

Tidak, ada beberapa lagi. Seperti yang dilansir dari situs kreditgogo.com, ada beberapa Dana Darurat yang nggak boleh buat kita remehkan. Yakni agar Investasi tidak terganggu, Menghindarkan diri dari lilitan uang (Ini poin yang nggak kalah penting nih), Belajar Tanggung Jawab Keuangan, hingga menghindarkan diri dari beban (Ya dari segi Keuangan maksudnya).

Cara Melatihnya

Bisa ikut Seminar terkait finansial, bisa melalui jejaring sosial, Acara Televisi (yang menyangkut bisnis), atau bisa juga dengan cara permainan. Wah, bagian yang paling akhir kayaknya seru. Setelah saya membaca disitus hipwee.com, katanya bermain Monopoli juga bisa menjadi media pembelajaran mengelola keuangan yang menyenangkan (poin penting yang harus digaris bawahi nih).

"Hal Pertama yang perlu kamu ingat di jaman sekarang adalah jangan sampai kehabisan uang kontan, atau kamu harus meminjam pada teman atau Bank. Kamu memerlukan yang namanya dana daurat untuk pengeluaran tidak terduga..." Begitu kira-kira penjelasan yang saya baca di Situs Hipwee.com

Nah, ngomong-ngomong kamu sudah punya belum ? (Jangan tanya balik)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

About this Blog

Namanya ? Rasanya sudah pada tahu, sesuai Logo diatas. Ya, benar sekali Duitpidato. Sekali-kali Duit ikutan Pidato, nggak cuma diam dalam dompet dan digunakan oleh setiap manusia. Slogannya ? Duitoidato, pidato dimulai. Ini berguna sebagai pesan pembuka, kalau postingan siap untuk membahas topik tertentu. Simple dan nggak ribet. Kelahiran ? 01 Oktober 2017, kenapa ditanggal itu ? Ya karena memang kepikiran buat blog soal keuangan, akhirnya tercetuslah Blog kedua, Duitpidato Logonya ? Buku dengan halaman yang mengandung tanggal lahirnya blog, ada segenggam uang dan tanda centang berarti ingin menyajikan pengetahuan sepetar keuangan agar hasilnya cemerlang. Kedepannya ? Semoga tetap konsisten mengelola, hingga bertahun-tahun kedepan. Semoga bermanfaat.

Toko Online, kamu sudah punya ?

Toko Online memang tengah merebak, sudah nggak kehitung jumlahnya banyak (Banyak Banget). Mulai dari yang seumur Jagung hingga yang udah sebesar Raksasa (Ya, Besar banget). Nah, kali ini Duitpidato bakalan bahas topik Toko online , kamu sudah punya ? Oke, Pidato Dimulai. Kenapa harus Toko Online Ya, karena memang bahasannya kali ini memang Toko Online, apa saya harus bahas destinasi wisata. Bukan, bukan begitu Toko yang satu ini memiliki keunggulan dibanding Toko Konvensional pada umumnya. Apalagi, pengurusannya juga nggak begitu ribet. Anda bisa ikut numpang pada sejenis marketplace kayak (ya, tahulah kalian semua). Bisa juga dengan membuka Situs sendiri. Lagipula, Anda tidak harus mengerti barisan kode program untuk mendesain Situs, sekarang banyak sekali situs yang menyediakan situs instan hingga sudah berbentuk Toko Online dan Anda hanya tinggal memperbarui stok barang untuk dijual. Wah, kurang enak apa coba. Buat anak muda, tentu bakalan cocok banget buka Toko model kaya